Menginspirasi, 3 Pemuda Lulusan ITB Berhasil Ekspansi Bisnis Ayam Crisbar di Tengah Isu Resesi

Kompas.com - 31/10/2022, 15:36 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

Gerai Ayam Crisbar.

DOK. Ayam Crisbar Gerai Ayam Crisbar.

KOMPAS.com - Inovasi menjadi salah satu "bumbu" wajib bagi pengusaha, terutama di bidang kuliner untuk menjaga eksistensi usahanya.

Keberhasilan membangun bisnis lewat inovasi telah dirasakan oleh tiga pemuda lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam mendirikan bisnis Ayam Crisbar. Tiga pemuda ini adalah Teddy Hamonangan, Hafizh Ihsanuddin, dan Filbert.

Berbekal inovasi dan pemanfaatan platform teknologi seperti ShopeeFood, Teddy cs sukses mengembangkan usaha gerobakan yang mereka bangun sejak masih kuliah pada 2017, hingga sekarang memiliki 17 gerai di Jawa Barat (Jabar).

Sejak awal berdiri, usaha kuliner olahan ayam itu telah banyak menarik perhatian warga Bandung, khususnya para mahasiswa sebagai target pasar utama mereka.

Popularitas Ayam Crisbar dikenal lewat olahan ayam crispy bakar yang ikonik dengan saus rahasia dan harga ramah di kantong mahasiswa.

Tak heran jika dalam setahun, usaha yang didirikan dengan modal awal sebesar Rp 10 juta tersebut mampu berkembang pesat, hingga membuka tujuh cabang baru di daerah Bandung.

Baca juga: Jadwal Nonton CGV Bandung

Salah satu Founder Ayam Crisbar Teddy Hamonangan mengatakan bahwa masa pandemi adalah tantangan terberat bagi usahanya karena muncul larangan dine-in dan kebijakan kuliah daring.

“Situasi itu membuat penjualan Ayam Crisbar sangat menurun. Sejak saat itu, kami jadi fokus pada penjualan online dan layanan ShopeeFood inilah yang sangat membantu kami,” ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (31/10/2022).

Dengan layanan ShopeeFood, lanjut Teddy, penjualan online Ayam Crisbar pun semakin meningkat hingga ia berani membuka satu cabang khusus hanya untuk melayani pemesanan online.

Selain itu, Teddy mengaku bahwa usaha Ayam Crisbar miliknya juga berhasil ekspansi sampai keluar area Bandung, seperti Sumedang, Bekasi, dan Depok.

Baca juga: Resep Ayam Goreng Air Fryer Juicy, Pakai Bagaian Dada untuk Diet

Antrian pesanan online di gerai Ayam Crisbar.DOK. Ayam Crisbar Antrian pesanan online di gerai Ayam Crisbar.

3 strategi bisnis dari pendiri Ayam Crisbar

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2022, Teddy, Hafizh, dan Filbert sebagai inspiratif pendiri Ayam Crisbar turut membagikan strategi bisnis.

Utamanya, strategi untuk bertahan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat dan ketidakpastian situasi ekonomi.

Ketiganya berharap tips tersebut dapat membangkitkan semangat anak muda untuk turut berkontribusi menggerakkan perekonomian Tanah Air dengan membangun usaha lokal.

1. Perkuat keunggulan produk untuk tampil beda

Industri kuliner yang sangat kompetitif seolah mendorong para pelaku usaha untuk bisa lebih cermat dan kreatif dalam berinovasi memperkuat keunggulan produknya.

Tampil beda dari yang lain dapat menjadi cara yang tepat untuk menarik perhatian konsumen.

Hal tersebut juga dilakukan Ayam Crisbar. Banyaknya usaha olahan ayam tak membuat bisnis ini gentar melakukan inovasi pada cara pengolahan menu dan pembuatan saus spesialnya.

Ayam Crisbar hadir dengan menu unggulan, yaitu ayam goreng crispy bakar dengan sensasi caramelized dan smoky.

Baca juga: Resep Caramel Coffee Biscoff, Minuman ala Kafe untuk Ide Jualan

Untuk menambah kenikmatan, Ayam Crisbar juga menciptakan saus Crisbee yang terbuat dari kaldu yang dimasak selama delapan jam dengan bumbu spesial.

Menu spesial Ayam Crisbar.
DOK. Ayam Crisbar Menu spesial Ayam Crisbar.

2. Evaluasi bisnis secara berkala

Untuk bisa terus relevan di pasar, pelaku usaha harus melakukan evaluasi berkala pada performa usaha, produk, dan layanan mereka.

Hasil evaluasi tersebut dapat menjadi acuan untuk menentukan strategi bisnis ke depannya.

Bagi Teddy, Hafizh, dan Filbert, evaluasi usaha menjadi hal yang sangat berperan penting dalam kesuksesan Ayam Crisbar.

“Kami secara aktif memanfaatkan beragam fitur di aplikasi Shopee Partner untuk memantau transaksi penjualan dan penilaian para pelanggan kami di seluruh cabang kami di ShopeeFood,” imbuh Teddy.

Data tersebut, lanjut dia, kemudian digunakan sebagai bahan evaluasi untuk menentukan strategi pengembangan bisnis Ayam Crisbar.

Baca juga: MIND ID Gandeng ARRIVAL Siapkan Rencana Pengembangan Bisnis Kendaraan Listrik

3. Tingkatkan brand awareness dan kedekatan dengan konsumen

Teddy dan tim percaya bahwa kanal digital bisa menjadi media yang tepat untuk meningkatkan brand awareness.

Oleh karenanya, Ayam Crisbar aktif menggunakan media sosial (medsos) untuk menarik minat konsumen dengan menginformasikan beragam promo ShopeeFood yang sedang berlangsung, seperti kampanye tanggal kembar, Flash Sale, Pay Day, dan Promo Bundling Menu.

Teddy menilai, langkah tersebut sangat efektif mendorong transaksi penjualan Ayam Crisbar atau sekitar 60 persen dari total penjualan usahanya di platform online berasal dari ShopeeFood.

Ayam Crisbar juga menggunakan medsos untuk meningkatkan kedekatan mereka dengan para konsumen.

Seperti di Instagram, Ayam Crisbar sering membuat postingan menarik guna membangun interaksi dengan para followers setia Ayam Crisbar.

Baca juga: Cerita Putri Marino Ditolak Casting Gara-gara Jumlah Followers Sedikit

Harapan pendiri Ayam Crisbar

Dengan melakukan berbagai inovasi produk hingga promosi, Teddy berharap, Ayam Crisbar bisa memperluas jangkauan bisnis hingga ke luar wilayah Jabar.

“Selain itu, kami harap dapat terus mempertahankan eksistensi bisnis kami di tengah situasi yang tak menentu saat ini. Kami percaya dengan memanfaatkan teknologi digital seperti ShopeeFood, bisnis Ayam Crisbar dan juga para pemilik usaha lainnya bisa semakin terus bertumbuh,” jelasnya.

Apabila ingin sukses memasarkan bisnis kuliner, para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), termasuk Anda juga dapat dengan mudah mendaftar sebagai merchant ShopeeFood dan ShopeePay melalui fitur Registrasi Mandiri di aplikasi Shopee Partner.

Setelah itu, Anda cukup menunggu konfirmasi dari aplikasi Shopee Partner hanya dalam satu hingga lima hari kerja

Melalui aplikasi Shopee Partner, Anda juga dapat mengakses berbagai fitur untuk mendukung operasional harian usaha sendiri, seperti pembaruan transaksi secara instan, pengaturan jam operasional toko, serta mengubah dan menambah menu dengan mudah.

Ayo, tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Shopee Partner melalui Google Play maupun App Store.

 

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke