Kangen Kampung Halaman? Ini 4 Rekomendasi Kuliner khas Nusantara

Kompas.com - 19/04/2022, 08:35 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

Ilustrasi sate maranggi DOK. Shutterstock Ilustrasi sate maranggi DOK. Shutterstock

KOMPAS.com - Pulang kampung menjadi tradisi turun-temurun masyarakat Indonesia setiap menjelang Lebaran. Akan tetapi, tradisi ini seolah tenggelam sejak pandemi Covid-19 melanda tanah air pada 2020.

Setelah dua tahun berlalu, pemerintah kembali mengizinkan masyarakat untuk pulang kampung dengan syarat harus menaati sejumlah aturan, seperti protokol kesehatan (prokes) dan melakukan vaksinasi booster.

Menyambut keputusan pemerintah tersebut, masyarakat pun nampak antusias untuk mudik Lebaran 2022.

Baca juga: Menjelang Lebaran, Jumlah Penumpang di Terminal Jatijajar Meningkat hingga 50 Persen.

Meski arus mudik Lebaran masih beberapa minggu lagi, tetapi semangat mereka untuk segera berkumpul bersama sanak saudara tercinta begitu kuat terasa.

Tak hanya kebersamaan, pemudik juga tidak sabar menikmati berbagai kuliner khas kampung halaman mereka.

Apakah Anda juga tak sabar untuk pulang kampung? Untuk mengobati rasa kerinduan menunggu hari mudik tiba, berikut berbagai menu kuliner khas kampung halaman yang dilansir dari ShopeeFood:

Baca juga: 5 Aplikasi Kuliner buat Cari Tempat Bukber Ramadhan 2022

1. Paket nasi krawu spesial khas Gresik dari Penyetan Cok

Paket nasi krawu spesial Penyetan Cok
DOK. Humas ShopeeFood Paket nasi krawu spesial Penyetan Cok

Nasi Krawu merupakan salah satu kuliner istimewa khas Gresik. Meski berasal dari kota wali, menu nasi ini justru diperkenalkan oleh para pendatang dari Madura.

Hidangan Nasi Krawu biasanya disajikan dengan berbagai lauk pendamping, seperti suwiran daging sapi, telur orak-arik serundeng, dan sambal petis.

Apabila Anda ingin mencoba atau rindu menikmati hidangan Nasi Krawu, mengunjungi Penyetan Cok bisa menjadi solusi terbaik. Rumah makan ini telah dikenal dengan aneka sambal penyet yang juga menyajikan paket Nasi Krawu spesial.

Selain Nasi Krawu, terdapat pula berbagai menu khas Nusantara, seperti paket ayam betutu dan paket sei sapi.

Baca juga: Cara Membuat Sei Sapi Khas NTT, Bisa untuk Ide Bisnis Kuliner

2. Rendang sapi merdeka ala Padang Merdeka

Rendang sapi Padang Merdeka.

DOK. Humas ShopeeFood Rendang sapi Padang Merdeka.

Rendang dan Lebaran seakan menjadi dua hal tak terpisahkan. Kelezatan hidangan khas tanah Minang ini bahkan sudah diakui secara internasional dan dinobatkan sebagai salah satu dari 50 makanan terbaik di dunia versi CNN Travel.

Dari popularitas Rendang itu, tak heran jika pikat cita rasa hidangan ini begitu mendunia karena proses pengolahannya pun membutuhkan ketelatenan.

Tak semua orang bisa sabar mengolah rendang, karena proses perebusan daging memakan waktu berjam-jam yang dimasak dengan suhu rendah. Tahap ini merupakan hal penting karena untuk menyatukan bumbu dan daging agar meresap sempurna.

Baca juga: Resep Rendang Seafood Platter dan Garlic Butter Rice untuk Bukber

Ngidam makan rendang tapi tak mau repot? Tenang saja, Anda bisa berkunjung atau memesan rendang asli Padang di Restoran Padang Merdeka.

Selain rendang, Padang Merdeka juga menyediakan berbagai menu spesial, seperti dendeng lambok, ayam tuturuga, hingga gulai kepala ikan kakap.

3. Selat Solo spesial dari Dapur Solo

Selat Solo Dapur Solo.

DOK. Humas ShopeeFood Selat Solo Dapur Solo.

Jika rendang dirasa berat mengisi perut, Anda bisa mencoba menu masakan lezat khas Surakarta, yaitu Selat Solo. Hidangan klasik ini lahir dari perpaduan cita rasa Jawa dan Belanda.

Dulunya Selat Solo hanya bisa dicicipi oleh kaum bangsawan. Seperti namanya, Selat Solo biasa disajikan dengan daging semur yang disiram kuah bercita rasa manis nan gurih dengan pelengkap saus mustard asam, serta sayuran segar.

Apakah jadi terbayang lezatnya menu Selat Solo? Anda bisa mencicipi menu ini langsung dari ahlinya di Dapur Solo.

Baca juga: Resep Selat Solo, Hidangan Lengkap Berisi Karbohidrat dan Protein

Dapur Solo adalah restoran masakan Jawayang berdiri sejak 1988. Selain Selat Solo, Anda bisa mencicipi aneka hidangan lain, mulai dari Nasi Langgi Solo, Sosis Solo, dan Timlo Solo,

4. Sate Maranggi khas Purwakarta

Sate Maranggi Sapi Selap Jando ala Sate Maranggi Dua Sobat.

DOK. Humas ShopeeFood Sate Maranggi Sapi Selap Jando ala Sate Maranggi Dua Sobat.

Sate Maranggi merupakan kuliner khas Purwakarta dengan cita rasa unik dari campuran daging sapi dan lemak atau has dalam. Kelezatan sate ini semakin menggoyang lidah saat disantap bersama sambal kecap.

Apabila ingin merasakan kelezatan sate khas Purwakarta, berkunjunglah ke Sate Maranggi Dua Sobat. Selain sapi, Anda bisa memilih sate dengan daging kambing atau ayam.

Jika bosan dengan sambal kecap, Anda juga bisa mencoba sambal matah khas Sate Maranggi Dua Sobat sebagai pelengkap hidangan.

Sate Maranggi akan terasa lebih lebih nikmat jika ditemani dengan sedan dan gurihnya gulai sapi.

Baca juga: Resep Sate Maranggi Purwakarta, Pakai Daging Kambing Muda

Apakah sudah tak sabar ingin melepas rindu pulang kampung atau mencicipi kuliner khas kampung halaman?

Tenang saja, Anda bisa menikmati seluruh kuliner tersebut dengan promo puncak Gebyar Diskon Kuliner Ramadhan dari ShopeeFood.

Khusus pada Rabu (20/4/2022), Anda bisa menikmati promo diskon 90 persen, gratis ongkir sepuasnya, dan buy 1 get 1.

Tak hanya itu, bagi Anda yang ingin berbagi kebahagiaan di bulan berkah untuk orang-orang terkasih bisa mengirimkan tanda kasih dengan pilihan parsel terbaik melalui koleksi “Kirim-Kirim Hampers Lebaran” di ShopeeFood.

Baca juga: Lengkap, Cara Daftar ShopeeFood Serta Dokumen yang Diperlukan

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, temukan merchant kuliner khas kampung halaman di ShopeeFood untuk melepas rindu hingga hari mudik tiba.

Jangan lupa untuk menggunakan promo Gebyar Diskon Kuliner Ramadhan! Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa klik link di sini.

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke