5 Tips Cari Cuan Lewat Konten Kuliner ala Andre Sarwono

Kompas.com - 27/08/2022, 09:00 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

Andre Sarwono menyambut Kampanye ShopeeFood Day dengan antusias.DOK. Humas ShopeePay Andre Sarwono menyambut Kampanye ShopeeFood Day dengan antusias.

KOMPAS.com – Konten kuliner adalah salah satu jenis konten yang paling populer di media sosial. Sebab, konten kuliner dianggap relate dengan audiens serta menawarkan hiburan, eksplorasi, hingga menjembatani rasa penasaran pemirsanya.

Tak heran, banyak konten kreator yang memilih fokus membuat konten menarik seputar kuliner. Salah satunya adalah food vlogger terkenal asal Indonesia, Andre Sarwono.

Sosok dibalik akun @makanterusss yang kini sukses memiliki lebih dari 2,3 juta pengikut di Instagram itu aktif membagikan konten ulasannya saat mencicipi berbagai jenis kuliner baik lokal maupun mancanegara.

Pria kelahiran Samarinda, 2 Januari 1997 tersebut mengawali kariernya sebagai food vlogger pada 2015.

Berawal dari kecintaannya pada dunia kuliner, Andre mencoba peruntungannya dengan membuat konten ulasan dari makanan yang ia cicipi di blognya, makanterusss.com.

Kerja keras dan konsistensi Andre dalam membuat konten kuliner akhirnya berbuah manis.

Baca juga: Konten YouTube Jadi Jaminan Utang, Pakar Unair: Angin Segar bagi Konten Kreator

Visual kontennya yang selalu menggugah selera berhasil mengantarkan akun media sosial dan blog makanterusss.com menjadi salah satu top referensi para pecinta kuliner.

Setelah lebih dari tujuh tahun menekuni profesi sebagai food vlogger, Andre membagikan tips sukses menjadi food vlogger.

Menurutnya, perkembangan industri kuliner saat ini turut menghadirkan berbagai kemudahan bagi para konten kreator pemula yang ingin mengikuti jejaknya sebagai food vlogger.

“Di era digital sekarang ini, pekerjaan para food vlogger juga sangat terbantu dengan kehadiran layanan pesan antar makanan (food delivery),” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Andre menyebutkan, banyak orang sudah bisa dengan mudah memesan makanan dari rumah. Oleh karenanya, konten kreator pun jadi lebih leluasa dan fokus saat proses pembuatan konten.

Baca juga: Ingatkan Konten Kreator, Deddy Corbuzier: Jangan Takut Bicara

Apalagi, kata dia, layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood selalu menyediakan banyak promo menarik buat para penggunanya.

“Promonya juga berguna banget buat para konten kreator. Jadi, kita bisa beli lebih banyak variasi kuliner dengan harga yang lebih hemat di ShopeeFood,” jelasnya.

Lebih lanjut, Andre memberikan lima tips jitu bagi para konten kreator pemula yang bisa dipraktekkan untuk mendapatkan cuan melalui konten kuliner.

1. Jadi diri sendiri dan utamakan orisinalitas

Andre menyebutkan, pada dasarnya setiap individu memiliki karakter dan gaya yang berbeda-beda. Oleh karenanya, menjadi diri sendiri adalah kunci utama saat ingin memulai membangun branding sebagai konten kreator di media sosial.

Baca juga: 3 Strategi Kunci Co-Branding ala ShopeePay

“Kenali karakter diri sendiri agar kamu dapat menciptakan persona diri yang unik dan berbeda. Berusahalah untuk selalu utamakan orisinalitas diri, tidak meniru gaya orang lain,” ungkapnya.

Andre mengingatkan, calon konten kreator harus menghindari plagiasi karena bakal membuat karya tidak diapresiasi dan dianggap copycat.

2. Lakukan riset dan perkaya referensi

Perputaran tren di media sosial terjadi dengan sangat dinamis. Oleh karenanya, seorang konten kreator wajib melakukan riset mendalam tentang tren yang sedang berkembang.

Andre menilai, dengan cara itu seorang konten kreator dapat membuat konten yang relevan bagi para audiens yang mau disasar.

“Selain memantau perkembangan tren, kamu juga bisa perkaya diri dengan mencari referensi dari para food vlogger lainnya untuk mendapatkan inspirasi dan mendorong kreativitas,” terangnya.

Baca juga: Perempuan Indonesia, Ini 4 Cara Eksplorasi Potensi Diri lewat Medsos

3. Manfaatkan promo layanan pesan antar makanan

Sebagai konten kreator pemula, promo yang ada di layanan pesan antar makanan wajib dimanfaatkan. Salah satunya adalah ShopeeFood yang selalu punya berbagai penawaran menarik.

Sebagai contoh, pada 28-30 Agustus 2022, ShopeeFood akan mengadakan kampanye ShopeeFood Day yang menyediakan beragam promo, seperti Diskon 100 Persen, Gratis Ongkir Sepuasnya, hingga Promo Serba Gratis.

Kampanye ShopeeFood Day akan selalu hadir selama tiga hari mulai dari pada tanggal 28 setiap bulannya.

Tanggal-tanggal promo seperti ShopeeFood itu pun harus dicatat agar bisa lebih hemat saat harus membeli banyak makanan untuk membuat konten.

4. Beri perhatian khusus pada kualitas visual dan konten

Konten kreator sangat bergantung pada tampilan dan kualitas konten yang ditampilkan. Saat membuat konten visual, pastikan konten kreator wajib memperhatikan komposisi pengambilan gambar maupun video dengan baik.

Baca juga: Dari Konten Turun ke Hati, Ini Cara Brand Terkenal Buat Konten yang Memikat Konsumen

Andre menyebutkan, selain visual, konten kreator juga harus mencoba menampilkan informasi konten yang menarik, informatif, dan jujur.

“Kejujuran dari setiap ulasan yang kamu berikan dapat turut menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas dari sisi audiens,” ungkapnya.

Oleh karenanya, konten kreator wajib membuat konten yang dapat menarik perhatian audiens dan memastikan informasinya dapat dipertanggungjawabkan.

5. Konsisten dalam membuat konten dan terus belajar

Membangun citra sebagai konten kreator memang tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam. Butuh konsistensi dan keseriusan untuk terus melakukan inovasi dalam pembuatan konten.

Baca juga: Kisah Sukses Afriandi, Penerus Usaha Kuliner Nasi Gurih dan Lontong Hj Hajrah

Andre mengatakan, kuncinya adalah tidak pernah menyerah dan terus belajar meningkatkan kualitas konten dan keahlian diri sendiri.

“Percaya pada prosesnya karena kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil,” terangnya.

Itulah lima tips jitu dari Andre Sarwono yang bisa diterapkan para konten kreator pemula yang ingin menjadi food vlogger.

Selama kampanye ShopeeFood Day berlangsung, para konten kreator pemula juga dapat mencoba mencicipi beragam kuliner dengan harga yang lebih terjangkau dari merchant-merchant ternama, seperti Traffic Bun, Menantea, Mangkokku, Baso Aci Akang, Street Boba, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ShopeeFood juga menyediakan promo spesial khusus bagi pengguna baru ShopeeFood, yaitu Diskon 25RB untuk Semua Resto dan Gratis Ongkir Sepuasnya.

Promo spesial pengguna baru itu berlaku untuk metode pembayaran ShopeePay maupun Cash on Delivery (COD).

Baca juga: 5 Tips Manfaatkan Smartphone untuk Jaga Kesehatan

Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan nikmati pengalaman jelajah kuliner dengan ShopeeFood.

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke